Di Hari Pahlawan, Menwa Gelar Sertijab Komandan Kompi Uniku


Di Hari Pahlawan, Menwa Gelar Sertijab Komandan Kompi Uniku

UNIKU JAYA – Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) komandan kompi di Lapangan Rektorat Kampus I, Sabtu (10/11/2018).

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si., Kepala Dinas Perhubungan Dr. Deni Hamdani, M.Si., Perwakilan dari Kodim 0615 Kuningan, Perwakilan dari Polres Kuningan, Perwakilan dari Satpol PP, Wakil Rektor II Fahmi Yusuf, MMSI., Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., Kepala BAKKUP Drs. Ajat Sudrajat, M.Si., Kepala Bagian Kemahasiswaan Iim Abdul Karim, SP., Kepala Bagian Umum Sahlan, M.Pd., Demisioner Komandan Kompi Menwa Saepul Azis, Perwakilan dari Organisasi Mahasiswa yang ada di Uniku dan tamu undangan lainnya.

Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., selaku inspektur upacara sertijab komandan kompi Uniku, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi, mendukung dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada UKM Menwa Uniku atas terselenggaranya kegiatan upacara sertijab komandan kompi periode 2018 – 2019.

“Terimakasih saya sampaikan kepada purna komandan kompi menwa Uniku periode 2017 – 2018 saudara Saepul Azis atas dedikasi dan loyalitasnya yang telah menjalankan amanah dan tanggung jawabnya selama kurun waktu satu tahun kepemimpinannya. Dan juga saya sampaikan ucapan selamat bekerja kepada saudara Asep Rusdian yang pada hari ini telah resmi menjadi komandan kompi menwa uniku untuk periode satu tahun kedepan,” tuturnya.

Lebih jauh, mantan Dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Uniku itu, menjelaskan, hari ini merupakan hari pahlawan yang selalu diperingati setiap tanggal 10 November. Untuk itu, para pengurus UKM Menwa Kompi Uniku momentum sertijab ini yang bertepatan dengan hari pahlawan itu, bisa dijadikan spirit kebangkitan dan semangat untuk rela berkorban serta berjuang dengan meneladani perjuangan dari para pahlawan kita yang sudah berjuang mengorbankan nyawa dan tumpah darahnya untuk kemerdekaan tanah air yang kita cintai ini.

“Di hari pahlawan ini, semoga dijadikan spirit dan semangat perjuangan bagi para pengurus UKM Menwa Uniku untuk lebih baik, lebih maju dan lebih berkembang lagi kedepannya. Saya yakin dan percaya, di kepengurusan Menwa yang baru saja sertijab akan mampu menjalankan roda organisasi dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Drs. H. Dadi Hariadi, M.Si., mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran pengurus Menwa Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku) khususnya kepada Komandan Kompi Asep Rusdiana yang sudah secara resmi menjadi nakhoda Menwa Kompi Universitas Kuningan.

“Saya sampaikan selamat bekerja kepada Komadan Kompi Asep Rusdiana yang baru saja secara resmi serah terima jabatan. Dan, saya juga mengucapkan terimakasih kepada Saepul Azis yang sudah memimpin Menwa Uniku selama satu periode 2017 – 2018,” tuturnya.

Ini merupakan satu momen yang sangat berharga bagi eksistensi Menwa Mahawarman Batalyon IX Sunan Gunung Djati Cirebon Kompi Universitas Kuningan (Uniku). Keberadaan Menwa merupakan salah satu indikator bahwa ada aktivitas mahasiswa yang memiliki kecenderungan untuk mengembangkan sikap yang tanggap, rapih, tertib dan sikap cekatan. Sikap ini harus selalu dijaga dengan baik oleh anggota Menwa.

“Menwa merupakan salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta. Menwa juga merupakan salah satu komponen warga Negara yang mendapatkan latihan militer. Untuk itu sudah seharusnya para anggota Menwa harus memiliki jiwa disiplin yang tinggi, bertanggung jawab dan harus memiliki nilai lebih serta menjadi teladan bagi rekan-rekannya di kampus,” pungkasnya. (Sep)